MAPALETTE BOLA/PINDAH RUMAH








 pindah rumah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat kebanyakan, tetapi pindah rumah biasa yang di pindahkan hanya berupa prabotan rumahnya saja , lain halnya di suku bugis khususnya di daerah kabupaten soppeng,desa maccile, dusun malanroe. ada salah satu tradisi yang unik yaitu memindahkan rumah dengan seisi prabotan rumah tangganya. tepat seusai sholat juma'd masyarakat setempat berbondong-bondong menuju rumah yang akan di pindahkan, masih dengan baju kokoh yang rapih beserta sajadahnya.

sebelum memindahkan rumah ada  ritual khusus terlebih dahulu yang di lakukan. setelah itu bambu-bambu di ikat di kaki-kai rumah agar mudah saat di angkat, ada yang bertugas menjadi komando atau memberikan aba-aba agar tak salah berpijak saat akan di pindahkan rumahnya.

tak jauh dari lokasinya berpijak dahulu, rumah yang di pindahkan hanya di majukan sedikit  saja. Uniknya lagi seusai mengangkat rumah, warga disuruh menyantap hidangan sederhana yang disajikan oleh pemilik rumah yang dipindahkan rumahnya, santapan sederhana itu ialah bubur ketan hitam yang dibalut dengan santan serta kacang goreng sebagai topingnya.

Komentar

Bentrok RKUHP